Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Untuk mendapatkan anak ayam bangkok yang bagus dapat diperoleh dari turunan dari ayam jago yang sudah sering memenangkan pertandingan atau disebut juga trah juara,. Akan tetapi itu hanyalh modal awal saja untuk mendapatkan ayam jagoan yang bisa diandalkan,. Karena selain dari turunan trah juara, perawatan serta latihan juga menjadi hal penting yang tidak bisa diabaikan bagitu saja,. Karena tanpa perawatan dan latihan yang baik tentunya kemampuan dari anak ayam tersebut tidak bisa diasah dengan baik,. Jadi dalam hal ini sebagai penghobi sabung ayam, kita harus mengerti setiap hal yang berhubungan dengan dunia ayam bangkok ini,.

Untuk merawat anak ayam bangkok agar cepat tumbuh dengan besar tidak lepas dari 3 aspek penting yang wajib kita ketahui,. Untuk itu disini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat anak ayam ini agar anda yang masih belum mengerti dapat melakukan perawatan ini dengan benar,. Dibawah ini kan kami jelaskan secara singkat 3 aspek pentng dalam memelihara anak ayam bangkok tersebut,.

Anak Ayam Bangkok

Kandang Anak Ayam Bangkok 🐓

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memelihara anakan ayam aduan adalah kandang untuk anak ayam tersebut,. Hal ini mencakup kebersihan, suhu, serta sirkulasi udara yang baik,. Karena anak ayam yang baru menetas ini sangat rentan terhadap penyakit, jadi kebersihan, suhu, serta sirkulasi udara harus diperhatikan dengan benar,. Apalagi menyangkut kebersihan ini,. Tentunya kandang yang bersih akan membuat anak ayam menjadi sehat,.

Untuk suhu udara, perlu kita perhatikan karena anak ayam yang baru menetas sangat membutuhkan suhu yang hangat,. Hal ini juga memungkinkan anak ayam tersebut cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya,. Apabila anak ayam ini memiliki induk babon, maka induk tersebut bisa dimasukkan ke kandang bersama anak ayam tersebut,. Namun bagi anakan yang ditetaskan menggunakan mesin, anda bisa menggunakan bola lampu pijar untuk mengahngatkan suhu kandang tersebut,.

Selanjutnya yakni sirkulasi udara yang tidak terlalu terbuka,. Hal ini bertujuan agar udara tidak mengalir secara langsung sehingga jauh dari bibit penyakit yang berterbangan,. Untuk kandang ini bisa menggunakan dinding yang agak rapat atau juga bisa ditutup dengan kain besar,. Saya sarankan kita harus mempunyai kandang box yang ada lampunya (ukuran watt lampu di sesuaikan dengan kandang box), karena kita bisa memberikan pakan di malam hari, memberikan pakan di malam hari akan mempercepat pertumbuhan anak anak ayam,.

Pakan dan Suplemen Anak Ayam Bangkok 🐓

Untuk pakan anak ayam ini disesuaikan dengan umur anak ayam tersebut,. Pada usia 1 dan 2 hari, cukup diberikan air minum saja,. Karena anak ayam yang baru menetas masih memiliki cadangan protein yang terdapat pada kuning telur saat ayam dierami,. Setelah melewati usia tersebut, anakan tersebut bisa diberi pur dan air minum dengan jumlah sewajarnya,. Untuk menghemat pengeluaran, pakan pur juga bisa dicampuri bekatul dengan perbandingan 4:1,.

Untuk pakan anak ayam 0 sampai 3 bulan kita bisa berikan voor 592, berikan juga tambahan vitamin yang bisa di campurkan dengan minumnya,. Pemberian vitamin yang di campurkan di minumnya cukup di berikan 2 kali dalam seminggu.Untuk anak anak ayam yang berumur 3 sampai 6 bulan kita bisa merubah pakan voor 592 dengan voor 594,. Untuk suplemen tambahan Susu bubuk yang diberikan pada anak ayam bangkok usia 1-4 bulan berpengaruh besar terhadap pembentukan tulang, otot, bulu dan bagian tubuh lainnya,. Jika mungkin harga susu bubuk di pasaran tidak sesuai dengan isi dompet Anda, penggunaan susu bubuk bekas (kadaluarsa) juga masih aman dan dimungkinkan,.

Bagi yang keterbatasan modal, cara merawat ayam bangkok agar cepat besar juga bisa kita memaxsimalkan pertumbuhan anak ayam dengan cara mencampukan voor + dedak halus + ampas tahu + dedak ikan teri, cara membuatnya dedak + ampas tahu + dedak teri di aduk rata, kemudian tambahkan air panas, dan di aduk kembali,setelah di aduk rata tunggu sampai adonan agak dingin, setelah pakan agak dingin tambahkan lagi voor, aduk sampai rata kembali, pakan siap untuk di sajikan,. Gunakan Perbandingan takaran pakan 1:1:1:1.

Perawatan Anak Ayam Bangkok 🐓

Selaian perberian pakan, cara merawat ayam bangkok agar cepat besar kita harus menjaga kebersihan kandang, kebersihan tempat makan dan tempat minumnya harus di jaga juga, kotoran yang menumpuk di bawah kandang dapat menimbulkan penyakit pada anak anak ayam,. Penyemprotan kandang dengan menggunakan bahan kimia desinfektan kuat membasmi mikroba (virus, bakteri, jamur, lumut, ganggang dll) dan serangga,.

Perawatan anak ayam bangkok aduan hingga usia 6 bulan atau sampai bulu rawis dan leher barunya tumbuh sebaiknya cukup di dalam kandang saja,. Hal ini dilakukan untuk menghindari hilangnya energi ayam karena ia terlalu banyak bermain,. Energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan tubuhnya akan hilang bila ia sering diumbar,. Oleh karena itu, jika ingin mengumbarnya, berikanlah waktu tidak lebih dari 30 menit setiap harinya,.

Demikian informasi tentang Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar yang dapat kami berikan,. Semoga dapat berguna bagi anda dalam memelihara anak ayam aduan dengan baik sehingga mendapatkan cvalon ayam jago super,. Jika anda berkenan, harap bagikan artikel kami ini kepada teman teman anda,. Termima kasihm,.

Salam hormat dari kami Agen S128 😀 🐓

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *