Hobi Sabung Ayam Bangkok

Ayam Bangkok
Laga Ayam Bangkok

Di Indonesia sendiri permainan sabung ayam sudah dikenal jauh sebelum penjajah Belanda masuk ke Indonesia,. Bahkan permainan ini dikisahkan pada sebuah cerita rakyat yang mempertemukan sang Raja dengan anaknya,. Disisi lain permainan menbabung ayam ini juga menjadi bagian dari tradisi dalam upacara keagamaan seperti di Bali,. Orang orang Bali menamakan permainan ini dengan sebutan Tajen,. Memang permainan sabung ayam ini memiliki cerita dan kisah masing masing untuk setiap daerah,. Inilah yang menjadikan Indonesia dikenal dengan tradisi dan buadaya yang beraneka ragam mulai dari ujung pulau sumatera sampai ke pulau papua,.

Sabung ayam sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni sabung ayam taji biasa dan sabung ayam taji pisau,. Namun di Indonesia permainan sabung taji biasa lebih digemari dan lebih populer ketimbang dengan sabung pisau,. Berbeda dengan negara tetangga seperti Filipina yang mempopulerkan permainan sabung pisau ini,. Bahkan di negara tersebut permainan sabung taji pisau ini sudah menjadi ikon dan kebanggaan yang dikenal oleh seluruh penggemar sabung pisau diseluruh dunia,.

Berbeda di Indonesia yang lebih menyukai sabung atau adu ayam taji biasa,. Permainan ini juga dikenal dengan sebutan sabung ayam pukul, adu ayam jago dan lain lain,. Untuk jenis sabung ayam yang satu ini dikenal dengan beberapa jenis ayam yang digunakan seperti ayam bangkok, ayam birma dan ayam saigon,. Mungkin bagi orang indonesia sendiri pastinya mengenal ayam bangkok yang popularitasnya juga sudah tidak diragukan lagi,. Ayam yang berasal dari negara Thailand ini merupakan salah satu ayam yang paling diminati karena kemampuannya dalam bertarung,. Bahkan ayam ini dinilai belum ada yang dapat menandingi baik dari segi pukulan, daya tahan dan juga kecerdasan dalam bertarung,.

Adu Ayam

Sejarah Ayam Bangkok

Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa ayam bangkok ini dikenal di negeri tiongkok dimana saat itu orang orang disana sangat menggemari permainan menyabung ayam,. Seiring berjalnnya waktu, para peminat terus meningkat dan para penghobi sabung ayam inipun mencari cara untuk mendapatkan ayam petarung yang andal,. Berbagai cara dilakukan seperti mengawin silangkan ayam lokal dengan ayam ayam dari negara lain seperti  India, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Laos,. Para penghobi ini berusaha menemukan ayam jago yang sanggup menumbangkan lawan hanya dengan satu kali pukul,.

Dari beberapa sumber dan catatan sejarah pada satu abad yang lalu, para penggila ayam di Thailand menemukan jagoan baru yang disebut king’s chicken atau Raja Ayam,. Jenis ayam satu ini punya pukulan yang mematikan, gerakan cepat dan memiliki insting bertarung yang baik,. Kemudian, para penyabung ayam dari Tiongkok menyebut ayam ini dengan sebutan leung hang qhao atau Ayam Bangkok,. Raja Ayam dari Thailand itu kemudian sukses menumbangkan hampir semua ayam domestik di Cina,. Tertarik dengan ayam yang handal tersebut, kemudian orang-orang di Tiongkok mulai untuk menjelajahi hutan hanya untuk mencari ayam asli yang akan disilangkan dengan ayam bangkok,. Harapannya, ayam persilangan tersebut dapat mengalahkan jago asal Thailand,.

Diperkirakan pada tahun 60an di Laos ada jenis ayam aduan baru yang sanggup menyaingi kehebatan ayam Bangkok dari Thailand,. Akan tetapi, setelah terjadi kawin silang yang terus-menerus maka nyaris tak diketahui lagi perbedaan antara ayam aduan dari Laos dengan ayam bangkok dari Thailand,. Di Laos dan Thailand, ada beberapa nama penyabung ayam terkenal seperti Xiong Cha Is, Vaj Kub dan kolonel Ly Xab,. Di tahun 1975, VajKub dengan ayam bangkoknya sempat merajai arena adu ayam Nampang yang bergensi di Thailand,. Vaj Kub adalah seorang yang bertangan dingin dalam melatih dan mencari bibit ayam aduan yang handal,. Negeri Thailand memang tak perlu diragukan lagi sebagai negara penghasil ayam bangkok unggulan,. Sektor ini sudah diakui sebagai penambah devisa negeri Thailand,. Bisnis ayam aduan ini kemudian merambah kawasan Asia Tenggara, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat,.

Ayam Bangkok di Indonesia

Di Indonesia jenis ayam bangkok ini juga sangat banyak peminatnya,. Bahkan popularitas ayam bangkok ini mampu mengalahkan popularitas permainan lainnya yang terlebih dahulu ada di indonesia,. Penamaan ayam inipun kian beragam karenma hasil persilangan dengan ayam ayam jago lainnya,. Untuk penamaan ayam bangkok ini didasarkan pada warna dan juga bentuk fisik lainnya seperti jengger, bentuk kaki dan lain lain,.

Berikut beberapa nama ayam bangkok berdasarkan warna dan corak bulu yang ada di indonesia,.

  1. Ayam Bangkok Wangkas
  2. Ayam Bangkok Klawu
  3. Ayam Bangkok Wiring
  4. Ayam Bangkok Jragem
  5. Ayam Bangkok Putih

Demikianlah pembahasan kita tentang sabung ayam jenis ayam bangkok ini,. Artikel pembahasan ini diambil dari berbagi sumber di internet dan juga berdasarkan pengalaman kami yang juga menggemari permainan laga ayam ini,. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini dan jika berkenan harap bagikan artikel ini kepada teman teman anda yang juga hobi dengan sabung ayam,.

Salam hormat dari kami Agen Sabung Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *