Cara Tepat Membuat Kandang Ayam Bangkok

Kandang Ayam Bangkok

Kandang merupakan salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan ketika ingin merawat ayam bangkok, karena kandang juga merupakan rumah dari sang jagoan bukan hanya itu saja kenyamanan dalam kandang juga bisa membantu proses pertumbuhan ayam bangkok yang sedang kalian pelihara,. Oleh karena itulah kalian harus bisa menyesuaikan kandang dengan sang ayam agar sang jagoan bisa merasa nyaman didalamnya,.

Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Adapun beberapa hal yang harus kalian perhatikan untuk membuat kandang ayam bangkok adalah :

  1. Lokasi sekurang-kurangnya harus berjarak minimal 5 meter dari rumah dan jauh dari kandang ayam lainnya (terutama pada kandang tempat pemeliharaan ayam potong),.
  2. Kondisi tanah yang datar dan memiliki pohon pelindung yang bisa mengatur sirkulasi udara dan intensitas sinar matahari ke dalam kandang ayam bangkok,.
  3. Memiliki saluran air yang lancar, sehingga pada saat hujan, air tidak menggenangi lingkungan sekitar kandang ayam,.
  4. Di prioritaskan lokasi yang banyak ditumbuh rumput,. Ayam bangkok sangat menyukai rumput sebagai makanan pengganti serat,.
  5. Arah kandang menghadap ke arah sinar matahari pagi dan sejalur dengan arah angin untuk bisa menghindari penularan penyakit dari luar,.
  6. Ada baiknya juga apabila lokasi dipagari secara permanen menggunakan semen dan batu bata,. Apabila anggarannya tidak ada, pagar juga bisa dibuat menggunakan bahan terbuat dari bambu atau kawat,.

Setelah kalian mengetahui poin penting untuk membuat kandang ayam bangkok maka hal selanjutnya adalah kalian harus bisa memilih jenis dari kandang yang ingin kalian buat karena setiak kandang memiliki fungsinya tersendiri agar bisa disesuaikan dengan keinginan sang ayam, jika tidak maka ayam hanya akan merasa tidak nyaman dan susah untuk ikut bertarung,. Dibawah ini telah kami sediakan 3 jenis dari kandang ayam yang bisa kalian gunakan,.

1. Kandang Ayam Umbaran Satuan

Kandang Umbaran Satuan

Kandang ayam umbaran satuan merupakan kandang ayam bangkok yang multiguna,. Kandang ini bisa dipakai sebagai kandang kawin, kandang umbaran, sekaligus juga bisa sebagai kandang anakan yang berusia 1,5 sampai 3 bulan,. Kandang ayam bangkok ini dibuat dengan ukuran yang ideal, yaitu panjang 1,5 meter, lebar 1 meter dan tinggi 2,5 meter,. Alas kandang sebaiknya berupa tanah yang dicampurkan dengan pasir,. Alas yang seperti ini bermanfaat untuk membuat struktur cakar dan jari-jarinya,. Dan selain itu, tambahkan juga tenggeran yang terbuat dari kayu untuk tempat bermainnya,.

2. Kandang Ayam Postal

Kandang Ayam Postal

Kandang ayam bangkok yang selanjutnya adalah kandang ayam postal,. Kandang ayam ini dikhususkan untuk anak ayam bangkok yang baru menetas,. Ukurannya lebih kecil daripada kandang ayam umbaran, yaitu panjang 1 meter, lebar 0.8 meter, dan tinggi 1 meter,. Ukuran kandang ayam bangkok postal ini biasanya bisa menampung 10 hingga 15 anak ayam,.

Dinding pada kandang postal ini bisa dibuat menggunakan kawat dan pada bagian dalamnya harus dilengkapi dengan pemanas yang terbuat dari lampu bohlam,. Alasnya bisa juga diberikan sekam padi untuk menjaga kelembaban dan harus diganti minimal 3 hari sekali,.

3. Kandang Ayam Tidur

Kandang Ayam Tidur

Kandang ayam tidur ini dibuat dikhususkan untuk tidur pada malam hari,. Alas kandang ayam ini dibuat tinggi dengan bentuk seperti panggung yang minimal 1,5 meter dari tanah yang berfungsi untuk menghindari suhu tanah yang dingin pada saat malam hari,. Pada gambar di atas menunjukan gambar ayam bangkok yang bertipe seperti panggung,. Anda bisa meniru strukturnya pada saat akan membuat kandang ayam Anda,.

Demikianlah akhir dari pertemuan kita pada kesempatan kali ini dan juga pembahasan yang bisa kami agen sabung ayam berikan kepada kalian penghobinya, semoga bisa bermanfaat untuk membuat kandang ayam bangkok berkualitas milik kalian sendiri, terimakasih telah berkunjung diblog kami,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: